Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Brain Writing terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan
Main Author: | Lisa, Selvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7167/4/LISA%20SELVIA%2014080159%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7167/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7167/2/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7167/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7167/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa belum mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam menulis resensi. Kedua, karya atau buku yang akan diresensi cukup tebal sehingga siswa kesulitan untuk membaca buku tersebut. Ketiga, siswa belum memahami cara meresensi sehingga siswa masih kebingungan dan belum paham cara memulai menulis resensi. Keempat, siswa kurang mampu menuangkan ide-ide dan pikirannya dalam menulis resensi sehingga resensi yang ditulisnya kurang baik. Kelima, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam memberikan teori tentang menulis resensi sehingga proses pembelajaran membosankan. Keenam, siswa belum mampu menulis resensi dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Brain Writing dan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Writing terhadap keterampilan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 214 orang dan sampel berjumlah 51 orang dengan penarikan sampel yaitu purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terbagi dua yaitu variabel bebas model pembelajaran Brain Writing, dan variabel terikat menulis resensi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis resensi. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran Brain Writing memperoleh nilai rata-rata 72,05 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Brain Writing memperoleh nilai rata-rata 87,47 berada pada rentangan 86-95% dengan kualifikasi baik sekali. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Writing terhadap keterampilan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan dengan rentangan thitung = 5,06 > ttabel = 1,67 H1 diterima H0 ditolak. Dengan kata lain, H1 diterima H0 ditolak