Pengaruh Perhatian Orangtua, Cara Belajar, Media Pembelajaran, dan Teman Sebaya Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Gunung Talang
Main Author: | Ilham, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7164/3/14090099%20-%20ILHAM%20GUNAWAN%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7164/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7164/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7164/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7164/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang, 2) Pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang, 3) Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang, 4) Pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang, 5) Pengaruh perhatian orang tua, cara belajar, media pembelajaran dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SMAN 1 Gunung Talang 135 orang. Teknik pengambilan sampel dengan stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,192, nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,208 > ttabel sebesar 1,9925. Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar setiap satuan. Maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,192 satuan. Kedua cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,257, nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,292 > ttabel sebesar 1,9925. Artinya apabila cara belajar meningkat sebesar setiap satuan. Maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,257 satuan. Ketiga media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,270, nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,570 > ttabel sebesar 1,9925. Artinya apabila media pembelajaran meningkat sebesar setiap satuan. Maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,270 satuan. Keempat teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,313, nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,884 > ttabel sebesar 1,9925. Artinya apabila teman sebaya meningkat sebesar setiap satuan. Maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,313 satuan dan Kelima Perhatian orang tua, cara belajar, media pembelajaran dan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Gunung Talang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 48.783 > Ftabel 2,34 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka Disarankan kepada siswa jika orang tua menyarankan untuk menyuruh belajar tambahan maka laksanakan karena dengan belajar tambahan di luar sekolah akan membuat ilmu siswa bertambah yang akan meningkatkan hasil belajar. Siswa juga disarankan agar membuat agenda pelajaran supaya siswa tidak lupa dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Disarankan kepada guru, dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran agar siswa tidak mudah cepat bosan dan siswa mudah untuk memahami materi