Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 2 Pasaman

Main Author: Irana, Pratiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7162/4/14080153%20IRANA%20PRATIWI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7162/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7162/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7162/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7162/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi rendah. Kedua, siswa sulit menuangkan ide dan gagasan yang akan ditulis. Ketiga, belum semua siswa terampil dalam menulis teks deskripsi. Keempat, siswa sulit menulis teks deskripsi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) dan untuk mendeskripsikan kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 173 orang dan sampel berjumlah 48 orang dengan penarikan sampel yaitu simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini terbagi dua yaitu variabel bebas model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning), dan variabel terikat menulis teks deskripsi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman nilai rata-rata 75,69% yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman nilai rata-rata 88,42% yaitu berada pada tingkat penguasaan 86-96% dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 2 Pasaman karena thitung> ttabel(5,22 > 1,68), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.