Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 1 Kota Padang
Main Author: | Kiki, Fatma Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7158/1/KIKI%20FATMAWATI%20DEWI%2014080051%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7158/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7158/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7158/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7158/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa kesulitan dalam menjelaskan atau menentukan judul, pengantar, bahan atau alat, tahapan atau langkah-langkah dan kata perintah dalam menulis teks prosedur. Kedua, siswa kurang terlibat secara aktif pada materi pelajaran judul, pengantar, bahan atau alat, tahapan atau langkah-langkah dan kata perintah dalam menulis teks prosedur. Ketiga, rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang tanpa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model koopearatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experimental design dengan rancangan penelitian posttest only control design. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 240 orang dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang tanpa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw berkualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 73,05 berada pada rentangan 66-75%. Kedua, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 1 Kota Padang dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw berkualifikasi baik sekali (BS) dengan rata-rata 91,67 berada pada rentangan 86-95%. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan tanpa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% (=0,05) thitung>ttabel (6,67>1,68) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan menulis teks prosedur