Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut; siswa masih banyak yang belum terampil dalam mendemonstrasikan naskah drama. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mendemonstrasikan naskah drama sebelum dan sesudah menggunakan metode sosiodrama serta bagaimana pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan mendemonstrasikan naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Postest-Pretest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negri 4 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan mendemonstrasikan naskah drama siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode sosiodrama siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini.Pertama, kemampuan mendemonstrasikan naskah drama siswa kelas XI SMA N 4 Padang sebelum menggunakan metode sosiodrama memperoleh nilai rata-rata 75,52 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, kemampuan mendemonstrasikan naskah drama siswa kelas XI SMA N 4 Padang sesudah menggunakan metode sosiodrama memperoleh nilai rata-rata 84,54 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap kemampuan mendemonstrasikan naskah drama siswa kelas XI SMA N 4 Padang karena thitung>ttabel (7,27>1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan mendemonstrasikan naskah drama siswa kelas XI SMA N 4 Padang