Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat
Main Author: | Fatiha, Mutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/714/1/12090298%20FATIHA%20MUTIA%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/714/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/714/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/714/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/714/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) pengaruh pemanfaatan fasilitas terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, 4) pengaruh minat baca, pemanfaatan fasilitas, dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 262 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan undian nomor absen dari delapan sesi tahun masuk 2013 yang aktif berjumlah 156 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,110 dan nilai thitung sebesar 7,658 > ttabel sebesar 1,65494 dan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. 2) pemanfaatan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,092 dan nilai thitung sebesar 5,911 > ttabel sebesar 1,65494, dan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. 3) sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi koefisien regresi sebesar 0,084 dan nilai thitung sebesar 5,587 > ttabel sebesar 1,65494, dan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. 4) minat baca, pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai Fhitung 45,973 > Ftabel 2,66 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat untuk meningkatkan lagi minat baca mahasiswa, fasilitas belajar dan sumber belajar sehingga meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.