Pengaruh Penggunaan Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Main Author: Wiwi, Ariani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7111/1/14080101-YOSRA%20MERIA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7111/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7111/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7111/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kesulitan dalam menemukan ide-ide atau gagasan pada tulisannya. Kedua, siswa sulit memahami proses penulisan teks deskripsi. Ketiga, siswa masih sulit memahami struktur teks deskripsi. Keempat, siswa sulit untuk merangkai kata-kata dalam bentuk paragraf. Kelima, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa untuk menulis teks deskripsi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media gambar dan skor keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 25 Padang sebelum menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) memperoleh nilai rata-rata 64,76 berada pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP negeri 25 Padang sesudah menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) memperoleh nilai rata-rata 76,90 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Creative Problem Solving (CPS) siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang karena thitung> ttabel (6,95 > 1,70). Jadi, penggunaan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Nergeri 25 Padang.