Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar PadaMata Pelajaram IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 9 Padang
Main Author: | Silvia, Andayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7106/3/13090233%20SILVIA%20ANDAYANI%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7106/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7106/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7106/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7106/ |
Daftar Isi:
- Penelitianini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh minat belajar ecara parsial terhadap hasil belajar, 2) pengaruh perilaku belajarsecaraparsialterhadap hasil belajar, 3) pengaruh kecerdasan emosional secara parsial terhadap hasil belajar, 4) pengaruh lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar, 5) pengaruhminat belajar, perilaku belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara stimultan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 9 Padang berjumlah 97 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling.Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t danuji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama Pengaruh yang signifikan antara minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa thitung 3,027> ttabel 1,986.pengaruh yang lebih besar terdapat pada sampel pendidikan orang tua tinggi thitung 2,513 > ttabel 2,024, Kedua Perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar secara parsial terhadap hasil belajar dengan thitung 3,485 > ttabel 1,986, Pendidikan orang tua tinggi thitung 2,703 > ttabel 2,009 Pendidikan orang tua rendah thitung 2,319 > ttabel 2,024,KetigaPengaruh yang signifikan kecerdasan emosional secara parsial terhadap hasil belajar thitung 5,820 > ttabel 1,986, Pendidikan orang tua tinggi thitung 5,873 > ttabel 2,009, dan pada pendidikan orang tua rendah thitung 2,652 > ttabel 2,024, Keempat Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar thitung 4,010 > ttabel 1,986, pendidikan orang tua tinggi thitung sebesar 2,426 > ttabel sebesar 2,009 dan pada pendidikan orang tua rendah thitung 2,309 > ttabel 2,024, Kelima Minat belajar, perilaku belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.Pengaruh yang signifikan secara stimultan terhadap hasil belajar dengan Fhitung 52,539 > Ftabel 2,70. Pendidikan orang tua tinggi nilai Fhitung 34,738 > Ftabel 2,79, dan pendidikan orang tua rendah nilai Fhitung 20,429 > Ftabel 2,85.