Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Gaya Hidup Dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Dikecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Main Author: Fitri, Almiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7100/4/13090177%20FITRI%20ALMIYANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7100/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7100/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7100/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7100/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, citra merek, gaya hidup dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Samsung di Kecamatan Sungai Pagu. Jenis penelitian adalah asosiatif, Sampel penelitian diambil dengan metode Non Probability dengan teknik accidental sampling sehingga sampel berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Penelitian menemukan bahwa:1) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone samsung di Kecamatan Sungai Pagu dengan koefisien regresi sebesar 0,383. Artinya jika kesadaran merek meningkat maka keputusan pembelian akan meningkat, 2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone samsung di Kecamatan Sungai Pagu dengan koefisien regresi sebesar 0,430. Artinya jika citra merek meningkat keputusan pembelian akan meningkat, 3) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone samsung di Kecamatan Sungai Pagu dengan koefisien regresi sebesar 0,403. Artinya jika gaya hidup meningkat keputusan pembelian akan meningkat, 4) Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone samsung di Kecamatan Sungai Pagu dengan koefisien regresi sebesar sebesar 0,381. Artinya jika word of mouth meningkat keputusan pembelian akan meningkat dan 5) Kesadaran merek, citra merek, gaya hidup dan word of mouth secara bersamaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek samsung di Kecamatan Sungai Pagu dengan nilai Fhitung 43,585 > Ftabel 2,45. Hasil R square 0,701 artinya 70,1% perubahan pada variabel dependen (keputusan pembelian smartphone samsung dikecamatan sungai pagu) dapat dijelaskan oleh variabel independen (kesadaran merek, citra merek, gaya hidup dan word of mouth) sedangkan sisanya sebesar 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Pertama, keputusan pembelian (Y) disarankan kepda masyarakat Kecamatan Sungai Pagu sebelum memutuskan untuk membeli agar lebih teliti untuk membeli produk smartphone yang lebih menunjang aktivitas sehari-hari. Kedua, kesdaran merek (X1) disarankan kepada masyarakat Kecamatan Sungai Pagu ketika memutuskan untuk membeli agar bisa membedakan produk Smartphone dengan produk lainya. Ketiga, citra merek (X2) disarankan kepada masyarakat Kecamatan Sungai Pagu ketika memutuskan untuk membeli agar terlebih dahulu melihat popularitas dari Smartphone itu sendiri. Keempat, gaya hidup (X3) masyrakat Sungai Pagu ketika membeli Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan seperti mengirim tugas-tugas melalui Email. Kelima, word of mouth (X4) disarankan kepada masyarakat Kecamatan Sungai Pagu setelah membeli Smartphone merek samsung agar bisa berbagi pengalaman kepada teman atau saudaranya.