Perbedaan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan Group Investigation (GI) Siswa Kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan
Main Author: | Ira, Mawarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7099/3/IRA%20MAWARTI%2014080074%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7099/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7099/2/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7099/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7099/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis artikel ilmiah populer. Untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikanketerampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT).Kedua, mendeskripsikanketerampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI).Ketiga, mendeskripsikanperbedaan keterampilan menulis artikel ilmiah populer menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan Group Investigation (GI) siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the randomized group posstest only.Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, jumlah siswa 201 orang yang tersebar pada 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,22 pada rentangan 86-95% berkualifikasi Baik Sekali (BS). Kedua, keterampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata sebesar 84 pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat perbedaan keterampilan menulis artikel ilmiah populer mengggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan Group Investigation (GI), hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n1 + n2 - 2 karena thitung > ttabel (1,80 >1,67)