Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Mukomuko
Main Author: | Nika, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7096/1/14080072%20NIKA%20FITRIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7096/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7096/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7096/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7096/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Banyaknya tugas yang diberikan guru membuat siswa tidak menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi siswa pelajaran menulis itu sulit dan membosankan. Pemahaman siswa dalam menulis teks eksposisi masih rendah. Siswa sulit dalam menuangkan ide dan gagasan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan pengaruh penggunaan model pembelajaran stutent facilitator and explaining terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Mukomuko. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 16 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan skor keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining siswa kelas X SMA Negeri 12 Mukomuko. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri12 Mukomuko sebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining memperoleh nilai rata-rata 59,74 berada pada tingkat penguasaan 56 – 65% dengan kualifikasi Cukup (C).Kedua, keterapilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining siswa kelas X SMA Negeri12 Mukomuko memperoleh nilai rata-rata 84,72 berada pada tingkat penguasaan 76 - 85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining siswa kelas X SMA Negeri12 Mukomuko karena thitung> tabel (3,58>1,75). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining siswa kelas X SMA Negeri 12 Mukomuko lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining.