Pengaruh Efikasi Diri, Gaya Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMPN 9 Padang
Main Author: | Mega, Tri Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7095/4/13090158%20MEGA%20TRI%20WULANDARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7095/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7095/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7095/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7095/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:(1) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa.(2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa.(3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.(4) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa(4) pengaruh efikasi diri, gaya belajar, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 9Padang berjumlah 219 orang. Sampel berjumlah 98 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan cara Stratified Random Sampling berdasarkan tingkat pendidikan orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan: PertamaEfikasidiri berpengaruh signifikan terhadapprestasibelajarsiswa. Dengan nilai thitung masing-masing 7,186>ttabel 2,01 dan 6,247>ttabel 2,02. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkatpendidikan tinggi di bandingkan dengantingkatpendidikanrendah yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,685 dan 0,645.KeduaGaya belajar berpengaruh signifikan terhadapprestasibelajarsiswa. Dengan nilai thitung masing-masing 4,711>ttabel 2,01 dan 5,615>ttabel 2,02. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkatpendidikan rendah di bandingkan dengantingkatpendidikantinggi yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,236 dan 0,292.KetigaMotivasibelajar berpengaruh signifikan terhadapprestasibelajarsiswa. Dengan nilai thitung masing-masing 4,226>ttabel 2,01 dan 2,684>ttabel 2,02. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkatpendidikan tinggi di bandingkan dengantingkatpendidikanrendah yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,346 dan 0,244.KeempatLingkungantemansebaya berpengaruh signifikan terhadapprestasibelajarsiswa.Dengan nilai thitung masing-masing 4,052>ttabel 2,01 dan 3,306>ttabel 2,02. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada tingkatpendidikan rendah di bandingkan dengantingkatpendidikantinggi yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,387 dan 0,458.KelimaEfikasidiri,gayabelajar, motivasibelajardanlingkungantemansebayasecara bersamaan memberikan pengaruh terhadapprestasibelajarsiswa. Untuk tingkatpendidikantinggidengan nilai Fhitung70,690 > Ftabel2,56 dan nilai signifikan 0,000 <α = 0,05, sedangkan untuk tingkat pendidikanrendahdengan nilai Fhitung 52,975> Ftabel2,61 dan nilai signifikan 0,000 <α = 0,05.