Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Direct Intruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP N 4 Lubuk Alung
Main Author: | Noveni, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7092/1/14080070%20NOVENI%20ANGGRAINI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7092/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7092/4/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7092/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7092/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis khususnya dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut.Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teksdeskripsi siswa kelas VII SMP N 4 Lubuk Alung tanpa menggunakan model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri4 LubukAlungdengan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 LubukAlung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ekperimen, metode eksperimen yang digunakan adalah (quasi experimental) dengan rancangan penelitian the randomized posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lubuk Alung yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 137 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lubuk Alung dengan jumlah siswa 24 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar sebagai variabel bebas dan variabel terikat kemampuan menulis teks deskripsi. Data pada penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 4 LubukAlung. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas siswa kelas VII SMP Negeri Lubuk Alung tanpa menggunakan model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar diperoleh nilai rata-rata adalah 71,98 pada persentase 66-75% yang berkualifikasi Lebihdari Cukup (LdC).Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lubuk Alung tanpa menggunakan model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar diperoleh nilai rata-rata adalah 82,63 pada persentase 76-85% yang berkualifikasi Baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Direct Intruction berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP N 4 Lubuk Alung karena thitung 5,58> ttabel 1,68.