Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Main Author: Mutia, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7089/2/MUTIA%20RAHMAWATI%2014080066%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7089/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7089/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7089/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7089/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam kegiatan menulis teks eksposisi, siswa kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan yang akan dituliskan ke dalam bentuk teks eksposisisehingga menyebabkan siswa tidak memahami materi teks eksposisi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture, mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekserimen. Design penelitian ini adalah One Grup Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 356 orang dan sampel berjumlah 33 orang dengan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 62,62 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemapuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 80,47 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Ketiga, terdapat efektivitas yang signifikan teradap penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung(6,31)>ttabel(1,70), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.