Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Direct Intruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membacakan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP N 1 Lunang kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Nuraini, Nuraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7088/2/14080063-NURAINI-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7088/5/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7088/7/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7088/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7088/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa khususnya dalam membacakan teks berita. Untuk melatih siswa agar terampil dalam membacakan teks berita digunakanlah model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan membacakan teks berita tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual serta pengaruh penggunaan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual terhadap keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII SMP N 1 Lunang kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Lunang kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 184 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 58 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual sebagai variabel bebas dan keterampilan membacakan teks berita sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja membacakan teks berita siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual siswa kelas VIII SMP N 1 Lunang kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan membacakan teks berita siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual dapat disimpulkan sebagai berikut. Keterampilan membacakan teks berita siswa tanpa mengunakan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 62,98 dengan klasifikasi 56-65% yaitu cukup. Keterampilan membacakan teks berita siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 76,32 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran direct intruction berbantuan media audio visual terhadap keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII SMP N 1 Lunang kabupaten Pesisir Selatan karena thitung>ttabel (3,45>1,67)