Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Jannatul, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7082/2/13090095-JANNATUL%20PUTRI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7082/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7082/3/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7082/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7082/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Padang Pariaman, 2) Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Padang Pariaman, 3) Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Padang Pariaman, 4) Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Padang Pariaman, 5) Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kabupaten Padang Pariaman. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah guru dengan sampel 95 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 18.0. dan Eviews Versi 8 dengan analisis Regresi Linear Berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di MAS Kabupaten Padang Pariaman, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,368 yang bertanda positif dan thitung sebesar 4,160 > ttabel sebesar 1,9863 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di MAS Kabupaten Padang Pariaman, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,375 yang bertanda positif dan thitung sebesar 3.933 > ttabel sebesar 1,9863 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di MAS Kabupaten Padang Pariaman, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.365 yang bertanda positif dan thitung sebesar 4.205 > ttabel sebesar 1,9863 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. 4) Motivasi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di MAS Kabupaten Padang Pariaman, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,254 yang bertanda positif dan thitung sebesar 3.474 > ttabel sebesar 1,9863 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. 5) Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Guru secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja guru di MAS Kabupaten Padang Pariaman, dimana diperoleh Fhitung 20.106 > Ftabel sebesar 2,47. Hal iniberarti Ha diterimadan H0ditolak, dan diperoleh Rsquare sebesar 0,572 yang artinya 57,2% perubahan pada variabel dependen (kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Padang Pariaman) dapat dijelaskan oleh variabel independen kompetensi guru, lingkungan kerja, beban kerja dan motivasi kerja guru. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya guru memperbaiki Kompetensi yang dimiliki kearah yang lebih baik, Lingkungan Kerja hendaknya lebih baik lagi.