Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide ke dalam bentuk puisi. Kedua, siswa belum mengerti tentang unsur pembangun puisi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 06 Mukomuko dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Deskriptif Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 06 Mukomuko yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel porposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 06 Mukomuko dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini.Pertama, tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 06 Mukomuko dengann menggunakan model pembelajaran Think pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 62,66 dengan kualisifikasi 56-65% yaitu tergolong Cukup (C). Kedua,pada indikator diksi yaitu memperoleh nilai rata-rata 65,33 dengan kualifikasi 56-65% yaitu tergolong cukup (C).Ketiga,pada indikator gaya bahasa yaitu memperoleh nilai rata-rata 43,99 dengan kualifikasi 36-45% yaitu tergolong kurang (K).Keempat,pada indikator imaji yaitu memperoleh nilai rata-rata 81,33 dengan kualifikasi 76-85% yaitu tergolong baik (B).