Penggaruh Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Menulis Iklan Baris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman
Main Author: | Randi, Kurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7073/4/14080050%20RANDI%20KURNIAWAN%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7073/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7073/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7073/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis serta kurangnya memahami struktur iklan baris. Tujuan penelitian ini adalah. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis iklan baris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis iklan baris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) .Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan menulis iklan baris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk racangan Posttest-only control design. Populasi dalam penelitian berjumlah 190 orang siswayang tersebardalam7 kelas.Kelaskontrolberjumlah 25 orang siswa dan kelas eksperimen berjumlah 25 orang siswa. Jadi sampel dalam penelitian 50 orang siswa. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis iklan baris. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui teks unjuk kerja. Berdasarkan analisis data, disimpulkan berikutini. Pertama, kemampuan menulis iklan baris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS )memperoleh nilai rata-rata 72 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi Lebih Dari Cukup (LDC).Kedua, kemampuan menulis iklan baris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) memperoleh nilai rata-rata 82,22 yaitu berada padating katpenguasaan 76-85% pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji- t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasaman karena thitung>ttabel (3,13 > 1,71). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis iklan baris berpengaruh menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS)