Pengaruh Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, Iklim Kelas Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 12 Padang

Main Author: Fauzan, Rovaldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7071/2/12090012-FAUZAN%20ROVALDO-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7071/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7071/4/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7071/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7071/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar ekonomi, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap keaktifan belajar ekonomi, 3) pengaruh iklim kelas terhadap keaktifan belajar ekonomi, 4) pengaruh Lingkungan teman sebaya terhadap keaktifan belajar ekonomi 5) pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, iklim kelas dan Lingkungan teman sebaya secara bersama-sama mempengaruhi keaktifan belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPS SMAN 12 Padang. Sampel dalam penelitian sebanyak 94 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu total sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SPSS 16.0. Keaktifan penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,702. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,223 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila kesiapan belajar meningkat sebesar 1%, maka keaktifan belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,702 dalam setiap satuannya. Kedua kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,565. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 6,489 > ttabel 1,98. Artinya, apabila kemandirian belajar meningkat sebesar 1%, maka keaktifan belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,565 dalam setiap satuannya. Ketiga iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,510. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 5,533 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila iklim kelas meningkat sebesar 1%, maka keaktifan belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,510 dalam setiap satuannya. Keempat Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,597. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 5,214 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila iklim kelas meningkat sebesar 1%, maka keaktifan belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,597 dalam setiap satuannya. Kelima kesiapan belajar, kemandirian belajar, iklim kelas dan Lingkungan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar ekonomi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 81,356 > Ftabel 2,47. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih mempersiapkan diri sebelum pelajaran dimulai, kemandirian belajar siswa harus ditingkatkan, ciptakan iklim kelas yang kondusif, dan perbaiki kembali lingkungan pertemanan guna meningkatkan keaktifan belajar siswa.