Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP SIMA Padang
Main Author: | Zulfadli, Zulfadli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7070/2/%2814060211%29%20ZULFADLI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7070/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7070/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7070/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7070/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik kurang mampu menyesuaikan diri dengan situasi atau masalah yang sedang dihadapi, adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam belajar disekolah, dan adanya peserta didik kurang mampu menyesuaikan diri dengan situasi atau masalah yang sedang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Kecerdasan emosional peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang, 2) Prestasi belajar peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang, 3) Hubungan kecerdasan emosional dengan Prestasi belajar peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 150 peserta didik yang dipilih dengan teknik proposional random sampling dengan 60 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kecerdasan emosional peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang berada pada kategori cukup baik. 2) Prestasi belajar peserta didik di kelas VII SMP SIMA Padang berada pada kategori tinggi.3) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didikdi kelas VII SMP SIMA Padang dengan koefisien hubungan yang cukup kuat. Berdasarkan hasilpenelitan ini direkomendasikan kepada guru BK agar peserta didik mampu meningkatkan kecerdasan emosional supaya prestasi belajar yang peserta didik semakin tinggi sehingga dapat menjalankan kehidupan sehari-hari terutama dalam prosesbelajar.