Profil Perilaku Agresivitas Peserta Didik di Kelas X IPS SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Selvi, Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7069/4/14060208%20-%20SELVI%20NOVITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7069/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7069/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7069/2/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7069/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang terkesan kasar dan suka mencari masalah dalam berinteraksi dengan teman sebaya di sekolah, adanya peserta didik yang berkata kasar dan memperolok-olok teman yang berbicara. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan 1) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek verbal. 2) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek fisik. 3) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek merusak harta benda orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 105 peserta didik dengan sampelnya 45 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik proposiv sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Analisis data menggunakan teknik persentase Hasil penelitian tentang profil perilaku agresivitas peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 12 Padang dapat disimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek verbal berada pada kategori cukup tinggi. 2) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek fisik berada pada kategori rendah. 3) Gambaran perilaku agresivitas peserta didik dilihat dari aspek merusak harta benda orang lain berada pada kategori cukup tinggi. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat menyusun program yang dapat mengembangkan interaksi positif di antara siswa, diharapkan dapat menurunkan munculnya agresivitas pada siswa.