Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Karir Peserta Didik dalam Memasuki Dunia Kerja di Kelas XI SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Fadylah, Nuraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7066/4/14060205%20-%20FADYLAH%20NURAINI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7066/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7066/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7066/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa adanya peserta didik kurang mengetahui karir yang sesuai dengan kemampuannya, adanya peserta didik yang tidak tahu tentang dunia karir, adanya peserta didik yang masih kurang mengetahui tentang informasi-informasi pekerjaan, adanya peserta didik yang kurang tahu bakat karirnya dimana, adanya peserta didik yang masih bimbang dalam menentukan arah pilihan karir. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan 1). Faktor internal yang mempengaruhi kesiapan karir peserta didik dan 2). Faktor eksternal yang mempengaruhi kesiapan karir peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 113 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan propotional random sampling berjumlah 53 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang faktor yang mempengaruhi kesiapan karir peserta didik dalam memasuki dunia kerja di kelas XI SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam secara umum yaitu berada pada kriteria banyak. Berdasarkan indikator kepercayaan diri diperoleh halnya sebagai berikut, untuk beberapa aspek: 1). Faktor internal yang mempengaruhi kesiapan karir peserta didik. 2). Faktor eksternal yang mempengaruhi kesiapan karir peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan dan memahami tentang kesiapan karir peserta didik dalam memasuki dunia kerja melalui layanan-layanan bimbingan konseling baik secara individu, kelompok dan klasikal.