Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa tentang konsep teks eksposisi, masih ada siswa yang kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dengan benar dan terbatasnya siswa dalam menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk teks eksposisi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Brain Writing. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Mia 2 karena memiliki standar deviasi terkecil berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah analisis rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan dengan menggunakan model Brain Writing dengan rata-rata hitung sebesar 76 dan rentang nilai yang diperoleh siswa berkisar 44-100% termasuk dalam kualifikasi 76-85% Baik (B)