Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Main Author: Nova, Asrila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7053/1/14080040-%20NOVA%20ASRILA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7053/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7053/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7053/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7053/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakagi oleh beberapa faktor, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa masih rendah dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung dengan menggunakan Think Talk Write (TTW). Dan ketiga, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang digunakan adalah true experimental design dengan rancangan penelitian the randomizedposttest only control group. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan sampel data penelitian ini adalah kelas VII G dan VII H SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang berjumlah 62 orang. Data dalam penelitian adalah skor tes unjuk kerja menulis teks deskripsi siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 62,90 dengan kualifikasi 56-65% yaitu cukup. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung memperoleh nilai rata-rata 81,18 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahawa terdapat efektivitas terhadap penggunaan model pembelajarn (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung karena thitung>ttabel (5,59>1,67)