Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam kegiatan menulis berita, siswa kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan yang ditulis sehingga siswa kurang memahami materi berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis berita di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture, mengetahui kemampuan menulis berita di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture, mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 356 siswa dan sampel berjumlah 36 siswa dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu menulis berita. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 66,66. Kedua, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 77,37. Ketiga, berdasarkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture dan sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran menulis berita. Hasil ini dibuktikan dari hasil uji-t pada taraf 0,05 thitung (4,74) > ttabel (1,68). Dengan demikian, H1 diterima. Berarti terdapat efektivitas kemampuan menulis berita sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture. Hasil belajar siswa dalam menulis berita sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih efektif.