Efektifitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok di Kelas VIII SMPN 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Indri, Rahmadhani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7051/1/14060160%20-%20INDRI%20RAHMADHANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7051/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7051/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7051/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7051/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam membangun hubungan antar pribadi dengan teman sebaya dan kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat baik itu pada saat diskusi dalam saat melaksanakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok. 2) Gambaran tingkat kepercayaan diri peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. 3) Efektifitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 peserta didik dan sampelnya adalah 10 orang peserts didik yang dipilih dengan teknik Porposive Sampling. Instrument yang digunakan adalaha angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian tentang Efektifitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok di Kelas VIII SMPN 2 Lengayang. 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sangat rendah. 2) Gambaran tingkat kepercayaan diri peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori cukup tinggi. 3) Adanya perubahan kepercayaan diri peserta didik sesudah (posttest) diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik SMPN 2 agar terus meningkatkan kepercayaan dirinya. Direkomendasikan kepada diharapkan kepada peseta didik agar mampu meningkatkan kepercayaan diri yang telah ada dalam diri peserta didik.