Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Critical Incident Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Padang
Main Author: | Orienta, Ayuantika Putri Indrasswari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7049/2/14080037-ORIENTA%20AYUANTIKA%20PUTRI%20INDRASSWARI-SKRIPSI%20baru.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7049/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7049/3/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7049/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang dipengaruhi oleh keterbatasan bahan ajar. Hal tersebut disebabkan guru belum pernah menggunakan modul dan baru pertama kali diajarkan kepada siswa sehingga guru hanya menggunakan buku teks sebagai sumber pembelajaran yang mengurangi minat belajar siswa. Untuk itu, guru perlu menggunakan buku sumber lainnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang. Kedua, untuk mendeskripsikan praktikalitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang. Ketiga, untuk mendeskripsikan efektivitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D.Pengembangan ini diawali dengan tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (mengembangkan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian pengembangan ini hanya sampai tahap Development (mengembangkan). Data penelitian yang berbentuk kuantitatif diperoleh dari penilaian validator ahli dan praktisi, guru dan siswa, serta pengamatan aktivitas belajar dan hasil tes unjuk kerja siswa. Hasil dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, validitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident yang dikembangkan tergolong sangat valid yakni 84,30%. Kedua, praktikalitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident yang dikembangkan tergolong sangat praktis yakni, 88,46% dari hasil praktikalitas oleh guru, dan 86,13% dari hasil praktikalitas oleh siswa. Ketiga, efektivitas modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident yang dikembangkan tergolong sangat berhasil karena hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 96,90% dan nilai rata-rata siswa 87,36% Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis critical incident yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam proses pembelajaran