Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan terkait dengan peserta didik yang berperilaku agresi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang 1). Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-aktif-verbal. 2) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-aktif-nonverbal. 3) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-pasif-verbal. 4) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-pasif- nonverbal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 81 peserta didik dan sampelnya 40 sampel diambil dengan Purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data diolah dengan persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa Profil Perilaku Agresi Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 7 Pesisir Selatan berada pada kategori cukup baik. 1). Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-aktif- verbal berada pada kategori cukup agresi. 2) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-aktif-nonverbal berada pada kategori cukup agresi. 3) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-pasif-verbal berada pada kategori cukup agresi. 4) Profil perilaku agresi peserta didik kelas VIII ditinjau dari agresi tidak langsung-pasif-nonverbal berada pada kategori cukup agresi. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar guru BK dapat memberikan layanan- layanan BK yang tepat sehingga bisa mencegah terjadinya perilaku agresi pada peserta didik.