Profil Emosi Negatif Peserta Didik dalam Belajar di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Winda, Niswari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7028/2/14060107%20WINDA%20NISWARI%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7028/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7028/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7028/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7028/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebiasaan negatif peserta didik dalam belajar yang kurang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil emosi negatif peserta didik dalam belajar dilihat dari aspek takut. 2) Profil emosi negatif peserta didik dalam belajar dilihat dari aspek marah. 3) Profil emosi negatif peserta didik dalam belajar dilihat dari aspek iri hati.4) Profil emosi negatif peserta didik dalam belajar dilihat dari aspek jekel. Jenis penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS sebanyak 90 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diolah dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Profil Emosi Negatif Peserta Didik dalam Belajar di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman:1) Profil emosi negatif peserta didik dilihat dari aspek takut berada pada kategori cukup banyak. 2) Profil emosi negatif peserta didik dilihat dari aspek marah berada pada kategori cukup banyak. 3) Profil emosi negatif peserta didik dilihat dari aspek iri hati berada pada kategori cukup banyak. 4) Profil emosi negatif peserta didik dilihat dari aspek jengkel berada pada kategori banyak dan cukup banyak. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar peserta didik dapat mengurangi perilaku emosi negatif dalam belajar, agar bisa lebih baik dalam proses belajar mengajar serta kedepannya baik itu di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.