Kemampuan Menulis Karangan Persuasi dengan Menggunakan Model Picture and Picture Siswa SMA N 2 Lengayang
Main Author: | Silvia, Iqlima Fauziah. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7011/1/SILVIA%20IQLIMA%20FAUZIAH%20-%2013080128%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7011/2/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7011/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7011/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7011/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. pembelajaran bahasa Indoesia khususnya keterampilan menulis persuasi kurang diminati siswa, siswa kurang memahami penggunaan ejaan yang disempurnakan seperti penulisan kata, siswa sulit menentukan ide pokok dalam menulis karangan persuasi, dan siswa sulilt mengembangkan ide-ide dan merangkai kata dalam tulisan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang dengan menggunakan Model Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Lengayang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 183 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis karangan persuasi dengan menggunakan model Picture and Picture. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan menulis karangan persuasi dengan menggunakan model picture and picture siswa SMAN 2 Lengayang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, menulis karangan persuasi yang berisi ajakan memperoleh nilai rata-rata 66-75 % tergolong lebih dari cukup (Lc). Kedua, karangan persuasi yang berisi data dan fakta memperoleh nilai rata-rata 66-75 % tergolong lebih dari cukup (Lc). Ketiga.karangan persuasi yang kalimat yang logis memperoleh nilai rata-rata 66- 75 % tergolong lebih dari cukup (Lc).Keempat, karangan persuasi yang kalimat yang dapat dipercaya memperoleh nilai rata-rata 66-75 % tergolong lebih dari cukup (Lc).dapat disimpulkan bahwa menulis karangan persuasi dari keempat indikator siswa nilai rata –rata 66-75% tergolong lebih dari cukup (Lc)