Kesalahann Siswa dalam Penggunaan Kata Hubung Sederajat dalam Menulis Teks Essai Argumentatif pada Siswa Kelas Writing II di STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Rizka, Hayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/701/3/13040222%20RIZKA%20HAYATI%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/701/1/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/701/2/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/701/4/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/701/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan siswa dalam menggunakan kata hubung sederajat dalam menulis teks essai argumentatif pada siswa kelas writing II STKIP PGRI Sumatera Barat. Kata hubung sederajat terdiri dari tujuh jenis, yaitu for, and, nor, but, or, yet dan so. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen, yaitu hasil dari tugas siswa tentang essai argumentatif. Data yang dikumpulkan yaitu sebanyak 65 dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 22 kesalahan siswa dalam menggunakan pola penggunaan kata hubung sederajat and (11), but (4), or (5), dan so (2). Kemudian ditemukan 4 kesalahan siswa pada penggunaan fungsi dari kata hubung sederajat and (1), but (1), dan or (2), dan ditemukan 1 kesalahan siswa dalam menggunakan pola dan fungsi kata hubung sederajat and. Peneliti mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menggunakan kata hubung sederajat untuk menjadi informasi bagi pengajar, pembaca, siswa dan lainnya untuk memperhatikan penggunaan kata hubung sederajat yang tepat sesuai dengan aturannya, karena keakuratan makna dan keselarasan tulisan juga dipengaruhi oleh kata hubung sederajat.