Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiri (JI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Padang
Main Author: | Laila, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7009/1/13080082-LAILA%20WAHYUNI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7009/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7009/3/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7009/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7009/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam mencari fakta dalam menulis, sehingga siswa kesulitan dalam menulis teks eksposisi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi tanpa dan dengan model JurisPrudential Inquiri (JI) serta pengaruh penggunaan model JurisPrudential Inquiri (JI) keterampilan menulis teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks ekpsosisi siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 6 padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Padang yang berjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi tanpa dan dengan model JurisPrudential Inquiri (JI) siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran JI memperoleh nilai rata-rata 71,48 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu lebih dari Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Padang dengan menggunakan model pembelajaran JI memperoleh nilai rata-rata 80,18 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran JI terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN 6 Padang karena thitung>ttabel (3,19 >1,70). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran JI berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTs Negeri 6 padang