Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence
Main Author: | Aulia, Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7003/1/12080280%20AULIA%20RAHMAT%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7003/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7003/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7003/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7003/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, siswa tidak memahami unsur pembangun teks berita seperti judul berita/head line, baris tanggal berita/date line, teras berita/lead, dan tubuh berita/body. Siswa tidak memiliki minat dan semangat dalam pembelajaran menulis dan siswa sulit mengembangkan ide ketika menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti yang berjumlah 82 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti, alasan memilih keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti sebagai sampel dikarenakan jumlah sampel kurang dari seratus. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 84,85 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik (B)