Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, siswa tidak memahami unsur pembangun teks berita seperti judul berita/head line, baris tanggal berita/date line, teras berita/lead, dan tubuh berita/body. Siswa tidak memiliki minat dan semangat dalam pembelajaran menulis dan siswa sulit mengembangkan ide ketika menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti yang berjumlah 82 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti, alasan memilih keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti sebagai sampel dikarenakan jumlah sampel kurang dari seratus. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 84,85 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik (B)