Pengaruh Kesiapan Belajar, Intensitas Pemberian Latihan Soal, dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK-E Adi Karya Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Erni, Gusselpiawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/698/1/12090113%20ERNI%20GUSSELPIAWATI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/698/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/698/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/698/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/698/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kesiapan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh intensitas pemberian latihan soal secara parsial terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah secara parsial terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh pengaruh kesiapan belajar, intensitas pengulangan latihan soal dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akuntansi di SMK-E Adi Karya Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI di Smk-E Adi Karya Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 103 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kesiapan Belajar, Intensitas Pemberian Latihan Soal dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap prestasi belajar teknik analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa: Pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,506, dan nilai thitung sebesar 3.688>ttabelsebesar 1.984. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas pemberian latihan soal terhadap prestasi belajar, dengan nilai koefisien 0,509, thitung sebesar 6.359>ttabel sebesar 1.984. Ketiga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien 0,525, thitung sebesar 7.218 >ttabel sebesar 1.984. Keempat terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar, intensitas pemberian latihan soal dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan Fhitung86.748 >Ftabel 3.09. Besarnya Pengaruh Kesiapan Belajar, Intensitas Pemberian Latihan Soal dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap prestasi belajar yaitu 72.4% dan sisanya27.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada pihak sekolah untuk lebih memperhatikan kondisi material sekolah dengan membangun atau merenovasi lokasi-lokasi yang membuat suasana nyaman untuk belajar siswa dan juga membuat suatu ruangan terbuka sebagai tempat diskusi para siswa, sehingga kondisi tersebut tidak menghalangi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.