Efektivitas Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Behavioral dalam Mengurangi Tingkah Laku Salah Suai pada Peserta Didik di SMA Negeri 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Sari, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6979/3/14060045%20-%20SARI%20ANGGRAINI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6979/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6979/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6979/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6979/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di sekolah tersebut masih banyak peserta didik yang bermasalah dengan tingkah laku salah suai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; 1) Gambaran tingkah laku salah suai pada peserta didik sebelum diberikan layanan konseling kelompok. 2) Gambaran tingkah laku salah suai pada peserta didik sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral. 3) Efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral dalam mengurangi tingkah laku salah suai pada peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavioral. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah 10 peserta didik yang dipilih dengan teknik Total Sampling sehingga menjadi 10 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan data interval teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral dalam mengurangi tingkah laku salah suai pada peserta didik di SMA Negeri 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam. 1) Gambaran tingkah laku salah suai pada peserta didik sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral berada pada kategori cukup. 2) Gambaran tingkah laku salah suai pada peserta didik sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral berada pada kategroi sangat sedikit. 3) Tingkat keefektifan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioral dalam mengurangi tingkah laku salah suai peserta didik efektif karena pretest dan postest terjadi perubahan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan kepada peserta didik dapat mengurangi tingkah laku salah suai.