An Analysis Students’ Paraphrasing At English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat
Main Author: | Sanlissy, Puspa Pratiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ia |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6971/1/14040160-SANLISSY%20PUSPA%20PRATIWI-THESIS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6971/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6971/3/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6971/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6971/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian Content Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisa penggunaan teknik-teknik dalam paraphrasing yang di gunakan di dalam artikel jurnal mahasiswa lulusan ke 57 prodi bahasa inggris di STKIP PGRI Sumatra Barat. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa dokumen beberapa jurnal artikel mahasiswa prodi bahasa inggris lulusan ke 57. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik random sampling dengan menggambil sampel 10% dari 108 artikel jurnal, jadi penelitian mengambil sample sebanyak 11 artikel jurnal dan menemukan sebanyak 14 data paraphrasing di dalam 11 artikel jurnal tersebut. Untuk mengumpulkan data peneliti mencari artikel jurnal nya di situs jim.stkip-pgrisumbar. ac.id yang di publis di Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat dan mencari original text nya di situs google. Lalu peneliti mengelompokan artikel jurnal yang mengunakan teknik paraphrasing. Teknik dalam paraphrasing itu adalah make abstract ideas concreate, divide long sentence and combine short sentence, omitt unnecessary word, and using synonim. Hasil dari menganalisa data menunjukan bahwa dalam 14 data paraphrasing dari 11 artikel jurnal, peneliti menemukan 14 data yang menggunakan teknik make abstract ideas concreate, 1 data yang menggunakan teknik omitt unnecessary word, dan juga ada 1 data artikel jurnal mahasiswa yang menggunakan 2 teknik paraphrasing dalam satu data yaitu: jurnal artikel 2 di data 2.1 menggunakan teknik omitt unnecessary word dan make abstract ideas concrete. Di dalam 14 data yang di analisis, peneliti juga tidak menemukan seorang pun yang menggunakan teknik divide long sentence and combine short sentence dan using synonim. Berdasarkan dari hasil tersebut, bahwa siswa lebih sering menggunakan teknik make abstract ideas concreate. Kata Kunci: Teknik paraphrase, artikel jurnal