Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Remaja di Panti Asuhan Al-Hidayah Kalumbuk Padang
Main Author: | Alihen, Fitri Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6970/2/14060034%20-%20ALIHEN%20FITRI%20MUSTIKA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6970/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6970/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6970/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6970/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, adanya remaja yang belum memiliki kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Kemandirian belajar remaja sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok. 2) Kemandirian belajar remaja setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. 3) Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian adalah 36 remaja yang dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga menjadi 10 orang remaja. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan uji-t dan teknik presentasi. Berdasarkan hasil terungkap bahwa: 1) Kemandirian belajar remaja sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sangat kurang mandiri. 2) Kemandirian belajar remaja setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori cukup mandiri. 3) adanya peningkatan kemandirian belajar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan layanan bimbingan kelompok, efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar remaja.