Kemampuan Siswa pada Pronoun Reference dalam Pemahaman Membaca di Kelas VIII MTS Negeri 3 Pasaman Barat
Main Author: | Gusri, Rahayu Eka Pratiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6968/1/14040158-GUSRI%20RAHAYU%20EKA%20PRATIWI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6968/2/ABSTRAK%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6968/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6968/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6968/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan pemahaman pronoun reference pada membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana kemampuan siswa pada pronoun reference dalam pemahaman membaca di kelas VIII MTS Negeri 3 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Partispan penelitian ini adalah satu kelas yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan tes homogenitas dibantu dengan aplikasi SPSS. Intrument yang digunakan adalah test dengan jumlah soal 50 soal dengan waktu 60 menit yang dilakukan sebanyak tiga kali. Selanjutnya, data dikumpulkan dengan menggunakan (1) Mean score and (2) standard deviation. Setelah itu, hasil penelitian ini ditemukan adalah dari 38 siswa. Rata-rata tertinggi adalah 42 dan yang terendah adalah 16,7. Dari 38 siswa tersebut dapat ditemukan bahwa meannya adalah 30,3 dan standard deviation-nya adalah 184,5. Sehingga, beberapa siswa tersebut dikategorikan memiliki kemampuan “Low” atau kurang bagus. Kata Kunci : Siswa, Kemampuan, dan Pronoun Reference