Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis error untuk menemukan tipe-tipe error yang di buat oleh siswa kelas dua belas SMAN 4 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana samplenya adalah siswa kelas dua belas tahun akademik 2018/2019, jumlah siswa adalah 120 siswa. Dalam penlitian ini, peneliti menggunakan purposif sampling untuk menentukan sample. Instrumentasi dari penelitian ini adalah dokumen analisis. Hasilnya diketahui bahwa siswa melakukan empat kesalahan yang termasuk kedalam empat tipe error yaitu omission, addition, misformation dan misordering. Keempat tipe error yang di lakukan oleh siswa tersebut ditemukan di dalam latihan, pekerjaan rumah dan kuis dengan materi passive voice dalam bentuk simple past tense, past progressive dan simple future tense. Tipe error yang pertama yaitu omission, terdapat di dalam latihan 15, di dalam pekerjaan rumah 18 dan di dalam kuis 11. Total keseluruhan tipe error omission di dalam latihan, pekerjaan rumah dan kuis adalah 44. Tipe error yang kedua yaitu addition, terdapat di dalam latihan siswa 17, di dalam pekerjaan rumah 12 dan kuis 10. Total keseluruhan tipe error addition di dalam latihan, pekerjaan rumah dan kuis adalah 39. Tipe error yang ketiga yaitu misformation, terdapat di dalam latihan 9, di dalam pekerjaan rumah 11 dan kuis 17. Total keseluruhan tipe error misformation di dalam latihan, pekerjaan rumah dan kuis adalah 37. Tipe error yang keempat yaitu misordering terdapat di dalam latihan 8, di dalam pekerjaan rumah 11 dan kuis 17. Total keseluruhan tipe error addition di dalam latihan, pekerjaan rumah dan kuis adalah 36. Dapat disimpulkan tipe error yang paling banyak dibuat oleh siswa adalah omission. Kata kunci: Tipe error, kalimat aktif dan kalimat pasif