Profil Strategi Belajar Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Mulyani, Mulyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6945/4/14060015%20-%20MULYANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6945/1/ABSTRAK.docx
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6945/2/BAB%20V.docx
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6945/3/KEPUSTAKAAN.docx
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6945/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang kurang memperhatikan guru mengajar di kelas sehingga kurang memahami materi yang diajarkan guru, adanya peserta didik yang kurang bisa menanggapi materi yang disampaikan oleh teman di kelas, adanya peserta didik yang menyampaikan argumen dengan cara yang kurang baik, masih adanya peserta didik yang tertinggal materi yang dirangkum dalam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Profil Strategi Belajar Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 217 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proportional Random Sampling menggunakan rumus Taro Yamane, sehingga sampel berjumlah 107 orang, pengumpulan data menggunakan angket, analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan memakai persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Profil strategi menghafal peserta didik termasuk baik, 2) Profil strategi elaborasi peserta cukup baik, 3) Profil strategi organisasi peserta didik termasuk cukup baik. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada peserta didik untuk lebih memperhatikan strategi belajar agar berhasil dalam menjalani proses pembelajaran dan lebih memahami strategi yang paling cocok dalam mengikuti proses pembelajaran.