Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada beberapa peserta didik yang perilakunya yang masih suka menyontek di dalam belajar, ada juga tidak memenuhi aturan tata tertib di sekolah, dan ada beberapa peserta didik yang merokok di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Perkembangan moral. 2) Emosi negatif. dan 3) Pengaruh perkembangan moral terhadap emosi neagtif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah 445 peserta didik dan sampel 84 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan presentase, untuk melihat pengaruh variabel X terhadap Y menggunakan R square (R ). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Perkembangan moral berada pada kategori cukup baik. 2) Emosi negatif berada pada kategori sedikit. 3) Adanya pengaruh yang signifikan perkembangan moral terhadap emosi negatif peserta didik. Dengan kata lain hipotesis yang diterima berbunyi terdapat pengaruh perkembangan moral terhadap emosi negatif. Penelitian ini direkomendasikan kepada Peserta didik, Guru BK, Kepala Sekolah.