Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Slow Learner Melalui Layanan Informasi Format Kelompok di Panti Asuhan Al Hidayah Kecamatan Kalumbuk Kota Padang
Main Author: | Suci, Guntari Amanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6942/3/14060011%20-%20SUCI%20GUNTARI%20AMANDA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6942/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6942/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6942/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6942/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, adanya peserta didik slow learner mengalami ketakutan dan kegagalan didalam proses belajar, tidak mandiri dalam mengerjakan tugas (mencontek) dan belum lancar dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Tingkat motivasi belajar peserta didik slow learner sebelum (prestest) diberikan layanan informasi format kelompok. 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik slow learner sesudah (posttest) diberikan layanan informasi format kelompok. 3) Perbedaan tingkat motivasi belajar peserta didik slow learner sebelum (prestest) dan sesudah (posttest) diberikan layanan informasi format kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah 17 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik Total Sampling sehingga menjadi 17 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mengungkapkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar peserta didik slow learner sebelum (prestest) diberikan layanan informasi format kelompok berada pada kategori rendah. 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik slow learner sesudah (posttest) diberikan layanan informasi format kelompok berada pada kategori cukup tinggi. 3) Adanya perbedaan tingkat motivasi belajar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan layanan informasi format kelompok. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada peserta didik panti asuhan agar terus meningkatkan motivasi belajarnya, pihak panti asuhan lebih meningkatkan cara pemberian informasi mengenai pembelajaran agar dapat menggunakan metode yang menarik.