Implementation of Running Dictation Strategy Teaching Writing at Study Seventh Grade SMP N 1 Enam Lingkung Academic Year 2018/2019
Main Author: | Aprilisa, Winda Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6938/3/14040101%20-%20APRILISA%20WINDA%20PUTRI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6938/1/abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6938/2/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6938/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6938/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalah penggunaaan strategi yang digunakan pada pengajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana implementasi strategi running dictation pada pengajaran menulis di kelas VII SMP N 1 Enam Lingkung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah guru yang menggunakan strategi tersebut. Instrumen yang digunakan adalah observasi ceklis, perekam video, catatan lapangan serta interview. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan (1) membaca, (2) mendeskripsikan, (3) mengelompokkan, dan (4) menginterprestasikan. Setelah itu, hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru menggunakan tahapan-tahapan yang sesuai dengan strategi running dictation untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pengajaran menulis. Dengan instrumen yang digunakan yaitu observasi ceklis yang diadaptasi dari Council, dapat dilihat bahwa guru menggunakan dan melakukan strategi running dictation dengan baik dan benar. Dapat disimpulkan bahwa guru mampu mengimplementasikan strategi running dictation dengan baik dan benar pada pengajaran menulis. Kata Kunci:Strategi, Running Dictation, Motivasi dan Menulis