Model Rancangan Pelayanan Konseling Berbasis Tugas Perkembangan (Studi pada Kelas Tinggi SD Negeri 04 Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok)
Main Author: | Ramadhatul, idola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6936/4/14060006%20-%20RAMADHATUL%20IDOLA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6936/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6936/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6936/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6936/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang bermasalah dalam pencapaian tugas perkembangan baik mengenai akademik maupun menyesuaikan diri dengan teman sebaya. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui tugas perkembangan peserta didik di SD Negeri 04 Kampung Batu Dalam. 2) Model rancangan layanan bimbingan dan konseling di SD Negeri 04 Kampung Batu Dalam berbasis tugas perkembangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 57 orang peserta didik. Sampel penelitian dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Iventori Tugas Perkembangan (ITP). Analisis yang digunakan teknik narasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang tugas perkembangan peserta didik dengan menggunakan Inventori Tugas Perkembangan peserta didik berada pada tinggkat perkembangan perlindungan diri, kecuali pada aspek perilaku etis peserta didik berada pada tingkat perkembangan konformitas. Wali kelas sebagai pedoman dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik.