Profil Penyesuaian Diri dalam Belajar Peserta Didik yang Bekerja di SMP Negeri 4 Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Silvia, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6935/4/14060001%20-%20SILVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6935/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6935/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6935/3/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6935/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh, adanya peserta didik sekolah sambil bekerja, adanya peserta didik bekerja sepulang sekolah. Dengan peserta didik yang takut tidak diterima oleh teman, serta mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yaitu 1) Penyesuaian diri positif dalam belajar peserta didik yang bekerja, 2) Penyesuaian diri negatif dalam belajar peserta didik yang bekerja. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan kunci penelitian ini adalah 2 orang peserta didik yang bekerja, dan informan tambahan 2 orang teman dekat informan kunci dan guru BK. Instrumen yang peneliti gunakan adalah wawancara dan teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penyesuaian diri positif peserta didik yang bekerja yaitu peserta didik bisa membagi waktu antara bekerja dengan belajar, peserta didik tidak merasa malu, tidak marah, peserta didik membawah tenang dengan masalah yang dihadapi, 2) Penyesuaian diri negatif peserta didik yang bekerja yang dialami oleh peserta didik yaitu peserta didik tidak mau meninggalkan pekerjaanya, hanya diam, sebagian peserta didik tidak bisa membagi waktu antara bekerja dengan belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka direkomendasikan kepada pihak sekolah agar dapat membantu proses penyesuaian diri peserta didik lebih baik lagi, pada peserta didik agar dapat mengontrol diri dalam bersosial khususnya dalam belajar dengan bekerja dan bisa membagi wantu antara bekerja dengan belajar.