Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe Probing Question dalam proses mengajar. Probing question merupakan pertanyaan menyelidik atau invetigasi dimana biasanya guru menggunakan pertanyaan ini untuk meminta siswa mampu memberikan jawaban yang lebih jelas dan beralasan dalam proses pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud untuk mendeskripsikan tentang tipe probing question yang digunakan guru dalam proses mengajar. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang guru Bahasa Inggris di SMAN 6 Padang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan interview dan lembar observasi.Untuk menambah informasi, peneliti juga menggunakan catatan lapangan. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa guru yang mengajar dikelas sepuluh menggunakan probing question dalam proses mengajar, dengan tipe probing question yang digunakan yaitu; klarifikasi, kesadaran kritis, pemfokusan ulang, mendorong dan penggantian atau mengalihkan pertanyaan yang sama kepada siswa lainnya, penggunaan probing question dalam proses mengajar oleh guru Bahasa Inggris kelas sepuluh di SMAN 6 Padang mendekati sempurna dan guru hampir mengikuti semua langkah dari tipe probing question yang terdapat dalam teori Blooser tersebut. Kata Kunci: Pertanyaan Menyelidik, Proses Pengajaran