Profil Kematangan Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Talamau Pasaman Barat
Main Author: | Muhammad, Hendriyos |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6929/1/13060155-MUHAMMAD%20HENDRIYOS%20%28SKRIPSI%29...pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6929/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6929/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6929/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6929/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan bahwa kurang matangnya emosi peserta didik kelas XI di SMA N 1 Talamau. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang 1). Profil kematangan emosi peserta didik kelas XI dilihat dari kemampuan menahan diri. 2) Profil kematangan emosi peserta didik kelas XI dilihat dari kemampuan menganalisis suatu dengan kritis. 3) Profil kematangan emosi peserta didik kelas XI dilihat dari kemampuan suasana hati yang lebih stabil dan mulai tenang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 119 peserta didik dan sampelnya 92 sampel diambil dengan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Profil Kematangan Emosi Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 1 Talamau) berada pada kategori kurang matang. 1). Profil kematangan emosi peserta didik kelas IX dilihat dari kemampuan menahan diri berada pada kategori kurang matang. 2) Profil kematangan emosi Peserta didik kelas XI dilihat dari kemampuan menganalisis suatu dengan kritis berada pada kategori kurang matang. 3) Profil kematangan emosi peserta didik kelas XI dilihat dari kemampuan suasana hati yang lebih stabil dan mulai tenang berada pada kategori kurang matang. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat lebih matang dalam mengendalikan emosi dalam belajar, agar bisa lebih baik dalam proses belajar kedepannya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.