Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian metode pembelajaran Task Based Learning di SMA N 2 Bayang. Ada tiga langkah yang harus di aplikasikan oleh guru dalam mengimplementasikan Task Based Learning sebagai sebuah metode pembelajaran berdasarkan pendapat para ahli. Tiga langkah dalam Task Based Learning yaitu Pre-Task, Task Cycle, dan Language Focus. Ketiga langkah ini harus di implementasikan oleh guru agar tujuan dari pembelajaran menjadi tercapai. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat bagaimana pengimplementasin Task Based Learning di SMA N 2 Bayang, apakah sudah sesuai dengan langka-langkah yang ada dalam teori. Berdasarkan indikator ada sebelas tingkatan pada tiga langkah Task Based Learning yang harus di implentasikan oleh guru. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada satu guru yang mengajar dikelas X semester 2 SMAN 2 Bayang tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan Purposive Sampling dalam pengambilan data. Data dalam penelitian ini berupa rekaman vidio, observation checklist, dan field notes.dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi kedalam kelas dalam beberapa kali pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan guru-guru yang mengajar di kelas X sudah mengimplementasikan metode Task Based Learning sesuai dengan indicator atau langkah-langkah yang dikemukakan oleh para ahli, meskipun ada beberapa tahapan yang tidak dilakukan guru-guru tersebut. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Inggris, Task Based Learning