Pengaruh Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMK N 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman
Main Author: | Kurnia Yulia, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/691/1/11090019%20KURNIA%20YULIA%20PUTRI%20OKE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/691/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/691/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/691/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/691/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh disiplin belajar terhadap Motivasi Belajar ekonomi siswa, 2) pengaruh Perhatian terhadap Motivasi belajar ekonomi siswa, 3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, 4) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua tehadap prestasi belajar siswa dan 5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 230 diambil secara acak dengan menunjukkan nomor absen secara acak berjumlah 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Disiplin Belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Dimana koefisien jalur disiplin belajar adalah 0,326 dengan nilai thitung adalah 2,569 > ttabel 2,00856 dan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,013 < 0,05), Kedua perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap m tivasi belajar. Dimana koefisien jalur perhatian orang tua adalah 0,373 dengan nilai thitung adalah 2,937> ttabel 2,00856 dan nilai signifikansi 0,007. Nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,005< 0,05), Ketiga Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi Belajar. Dimana koefisien jalur disiplin belajar adalah 0,265 dengan nilai thitung adalah 2,538 > ttabel 2,00856 dan nilai signifikansi 0,015. Nilai nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,015<0,05), Kempat, Perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi Belajar. Dimana koefisien jalur perhatian orang tua adalah 0,246 dengan nilai thitung adalah 2,310 > ttabel 2,00856 dan nilai signifikansi 0,025. Nilai nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,025<0,05) kelima Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi Belajar. Dimana koefisien jalur motivasi belajar adalah 0,464 dengan nilai thitung adalah 4,131 > ttabel 2,00856 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,000<0,05). Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada guru dan orang tua harus memberikan motivasi dan perhatian yang lebih terhadap anaknya sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa.