Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 2 Batang Anai
Main Author: | Ukhti, Nusyifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/690/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/690/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/690/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/690/4/13050045%20UKHTI%20NUSYIFA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/690/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar metematika siswa yang masih rendah, kurangnya motivasi dan siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Quick On The Draw pada siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai dan mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan kelas IX8 sebagai kelas eksperimen dan IX7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi dan tes akhir berupa essai. Angket motivasi diberikan pada akhir pertemuan kelas eksperimen. Tes diberikan pada pertemuan terakhir di kedua kelas sampel. Analisis data angket dilakukan dengan mencari skor motivasi masing- masing siswa yang diperoleh dari penelitian. Hasil analisis yang dilakukan diperoleh bahwa rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa secara keseluruhan memiliki persentase 85,87% dengan kriteria sangat termotivasi. Analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,18 lebih besar dari ttabel = 1,67 atau , maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Dengan demikian hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 2 Batang Anai.